Coretan berikut ini adalah hasil wawancara team media web kampus dengan salah satu alumni Kansa Wisuda Angkatan-1. Sering disapa Mbak Vivin, nama lengkapnya adalah Vivin Andraini, SE yang sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang putra. Selain sebagai ibu rumah tangga dan aktif di Yayasan Cinderella from Indonesia, beliau juga seorang pebisnis dibidang kuliner yaitu owner Omah Mbah Uti “our grandma secret recipes”.

Bagaimana dulu awalnya tahu tentang Kampus Karya Anak Bangsa (Kansa)?

Saya mendapat info dari seorang relawan di yayasan memgenai sekolah public speaking gratis.

Apa yang membuat tertarik ikut kuliah di Kansa?

Karena seringnya pekerjaan di yayasan yang menuntut untuk syuting dengan beberapa stasiun TV  untuk mempromosikan Boneka Batik Girl dan seringkali meeting baik dengan  pemerintahan maupun lembaga lain beserta keharusan mempresentasikan/ mengkampanyekan kegiatan sosial kami yang menuntut skill berkomunikasi di depan publik yang bagus.

Apa yang membuat senang dan nyaman  kuliah di Kansa?

Setelah kuliah, saya mendapatkan lebih dari yang saya niatkan untuk belajar. Lewat pembelajaran di KANSA, Allah mengijinkan saya untuk ikhlas dan bisa melihat lebih dalam berbagai hikmah atas perjalanan hidup yang sudah saya jalani meski sisi pahit sekalipun.

Bahkan kami jadi bisa memahami mengapa harus ikhtiar maksimal dalam menjalani hidup dan menyerahkan hasil kepada-Nya sebagai wujud tawakal, sehingga persoalan berat pun bisa dilalui dengan lebih tenang dan senang.

 

Apa dukanya?

Hmmm dukanya apa ya? Ketika kami memahami pembelajaran, saya pribadi pernah suatu ketika menyadari bahwa perkataan ‘biasa’ dan ‘wajar’ saya bisa saja menyakiti hati seorang sahabat dengan begitu mendalam. Dan menyadari bahwa semakin banyak ilmu dan pemahaman yang kami peroleh bukan jaminan bisa lebih bijaksana menyelesaikan fenomena, bahkan semakin banyak menyadari kekurangan kami. Karena itulah saya memutuskan untuk melanjutkan menulis buku tugas akhir kami menjadi sebuah buku, judulnya “RAHASIA”.

 

Apa yg dirasakan sebelum kuliah dan setelah kuliah?

Sebelum kuliah saya sangat cerewet dan mau menang sendiri, setelah kuliah saya bisa menempatkan kapan cerewet dan detail itu harus digunakan dan kapan itu di rem atau dikendalikan atau lebih baik diam dan kapan harus flexible mengambil jalan tengah dan bagaimana cara cantik membuat orang lain bisa menerima pendapat kita.

Alhamdulillah sudah lulus kuliahnya. Dan saya merasakan banyak hikmah dari proses pembelajaran yang kami peroleh saat berbagi ilmu kepada junior kami.

 

Menurut Anda kenapa orang harus kuliah di kansa?

Anda harus kuliah dikansa karena KANSA berBEDA. Seperti halnya menikah, Anda hanya akan tahu ENAK nya setelah menjalani pernikahan itu sendiri. Dan Anda akan tahu enak tidaknya kuliah, bila Anda mengalaminya sendiri. Dalam proses pembelajarannya akan membawa Anda lebih mengenal tujuan mengapa kita  tercipta di dunia ini dan Anda pun akan lebih baik mengenal Tuhan Anda.

 

Sekarang ini apa pekerjaan bapak geluti dan tekuni?

Maaf,  saya bukan bapak bapak hehehe. Tapi saya akan jawab sebagai ibu. Seorang ibu lho ya……

Pekerjaan utama saya adalah sebagai seorang istri dan ibu. Sebagai istri saya bertugas sebagai Manager Keuangan termasuk bersama suami membuat blueprint keluarga, fashion stylist untuk suami & anak-anak, kepala chef untuk mereka, kadangkala sebagai driver dan partner diskusi pekerjaan suami dibidang marine, advisor karier suami, guru matematika dan les privat anak, fasilitator bakat minat anak, terapis pijat bagi anak anak dirumah. Masih banyak lagiii …….

 

(Bener juga makk, jangan bilang ibu rumah tangga itu gak punya kerjaan. Yang ada kerjaan nya malah nggak habis-habis selama 24 jam)

Selain pekerjaan utama mbak Vivin aktif di keorganisasian apa?

Pekerjaan selanjutnya sebagai wakil ketua Yayasan Sosial Cinderella From Indonesia Center yang aktif untuk pembinaan di lapas-lapas untuk membuat boneka Batik Girls. Selain itu juga sebagai pengurus  majelis taklim At Taubah kompleks perumahan, majelis taklim permata tiban baru, pengurus Jaringan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (JRBM) Prov Kepri -sebuah NGO untuk disabilitas, KAGAMA (keluarga alumni UGM) Batam.

Subhanallah, terima kasih mbak Vivin semoga kedepan semakin sukses dan sukses. Aamiin. (AU)

Pin It on Pinterest

Share This